Rabu, 04 April 2012

cara memaksimumkan keuntungan

Cara memaksimumkan keuntungan
Keuntungan yang maksimum dicapai apabila perbedaan diantara hasil penjualan biaya produksi mencapai tingkat yang paling besar.
Masalah pokok yang harus dipecahkan produsen adalah :
 Komposisi faktor produksi yang bagaimana perlu digunakan untuk mencapai tingkat produksi yang tinggi. Sehingga perlu memperhatikan fungsi produksi, yaitu hubungan antara faktor-faktor produksi dan tingkat produksi yang diciptakannya.
 Komposisi faktor produksi yang bagaimana meminimumkan biaya produksi yang dikeluarkan untuk mencapai suatu tingkat produksi tertentu.
Produsen perlu memeperhatikan :
 Besarnya pembayaran kepada faktor produksi tambahan yang akan digunakan.
 Besarnya pertambahan hasil penjualan yang diwujudkan oleh faktor produksi yang ditambah tersebut.

Least Cost Combination
Konsep efesiensi dapat dipandang dari 2 aspek yaitu dari aspek teknis dan aspek ekonomis.Konsep efesiensi dari aspek teknis dinamakan konsep efisiensi teknis.
Efisiensi teknis maksimum dicapai pada saat dicapai produk rata-rata maksimum, tingkat pemakaian faktor produksi yang menghasilkan produk rata-rata maksimum.
Konsep efesiensi dari aspek ekonomis dinamakan konsep efisiensi ekonomis atau efisiensi harga. Dalam teori ekonomi produksi, pada umumnya menggunakan konsep ini.
Untuk menentukan tingkat produksi optimum menurut konsep efisiensi ekonomis diperlukan dua syarat, yaitu :
1. Syarat keharusan ( necessary condition ) : hubungan teknis antara produksi dah faktor produksi atau fungsi produksi
2. Syarat kecukupan ( Suffienciency condition ) : nilai produk marginal dari faktor produksi yang dimana dipakai harus sama dengan harga satuan faktor produksi itu.

sumber:
nuhfil.lecture.ub.ac.id/files/2009/03/mikro-5-perilaku-produsen-nuhfil.pdf

0 komentar:

Posting Komentar